Candakiya Episode

Ga Bisa Tidur (Episode Pertama)

Selamat pagi yang belum terlalu pagi” banget bro/sis.

Langsung aja ya bro/sis, Di artikel Candakiya Ga Bisa Tidur (Episode Pertama) ini akan membahas tentang “Suka Duka Yang Baru Pertama Kali Kerja Diluar Negeri“.

www.candakiya.wordpress.com
                                                #candakiyaterbang
  1. Pertama bro/sis harus beradaptasi lagi seperti bayi yang baru lahir ke dunia, Karena orang” yang akan ada disekeliling bro/sis sekarang bukan orang” yang biasa bro/sis lihat dan temui sebelumnya.
  2. Kedua bro/sis harus mempelajari dulu bahasa negara yang akan bro/sis datangi, Setidaknya bro/sis bisa sedikitlah ngomongnya kalo lagi pengen beli “Es Teh” diwarung. Walaupun bro/sis bisa bahasa inggris belum tentu si yang punya warung bisa bahasa inggris kecuali bro/sis perginya ke inggris ya ^_^ ini pengalaman saya pas lagi haus pengen beli minum. Diajak bahasa inggris ga bisa, bahasa indonesia apalagi. Terpaksa deh jurus terakhir yang dipake, pake bahasa tubuh alias nunjuk” yang mau dibeli sambil mulut ngoceh” ga karuan antara niat dan ga niat ngomong. Hahahaha
  3. Ketiga bro/sis harus mengetahui mata uang dan cara menghitungnya, di beberapa negara masih ada yang menggunakan dua mata uang. Seperti ditempat saya sekarang ini, Negara ini menggunakan dua mata uang yaitu USD dan Riel. Nah menghitungnya pun agak ribet kalo bro/sis biasa menggunakan uang rupiah yang dominan 1:10 disini bedanya 1:4 misalnya 1 Dollar itu 4000 Riel. Bingung kan? Belajar dulu biar ga bingung Hahahaha, padahal saya yang nulis juga bingung ^_^.
  4. Keempat nih bro/sis, ini yang agak susah bro/sis. Pengen makan makanan indonesia Hahahahaha, Pasti kalo udah di negara orang. Kalo udah dinegara orang masakan indonesia sangat langka, Bro/sis pengen makan makanan Indonesia biasanya masih tetap ada tapi kadang rasanya agak berbeda dengan masakan asli di Indonesia dan juga harganya yang lumayan menguras kantong. Nah saran saya kalo bro/sis pengen makan makanan Indonesia yang gak terlalu menguras kantong, Ya bro/sis harus masak sendiri terus meracik bumbu sendiri. Itupun kalo ada bumbu”nya. Hahahahaha
  5. Kelima ini agak gimana gitu kalo dibahas tapi gpp lah namanya juga sharing, Nah kelima ini jika bro/sis muslim memang agak susah nyari makanan halal. Menurut saya makanan halal itu diseluruh dunia ada tapi tinggal kitanya aja yang harus pinter milih. Tapi kalo saya biasanya makan ikan, telor, kadang sesekali makan indomie Hahahaha ^_^ Disini masih ada indomie.
  6. Keenam bro/sis harus tau peraturan” yang ga boleh dilanggar dinegara yang bro/sis akan datangi. Soalnya salah” kita bisa didenda kadang sampe dipenjara. ^_^ Masa iya belum apa” udah kena denda dinegara orang apalagi harus dipenjara. Kan rugi kita bro/sis Hahahahahaha.
  7. Ketujuh nih bro/sis harus tau nomor telpon penting dinegara tersebut yang utama yaitu nomor telpon Kedutaan Besar Republik Indonesia yang ada dinegara yang mau bro/sis datangi soalnya jika ada kenapa” sama bro/sis “bukannya nyumpahin nih bro/sis” Hehehehe maksudnya biar cepat kalo ada apa” soalnya kita kan kadang masih belum tau apa” disana apalagi kalo kita pergi sendiri. Mau ngadu sama siapa? Ya jalan satu”nya ngadu sama pak kedubes lah. Hehehehehe.
  8. Terakhir nih ya, Kedelapan bro/sis harus jaga kesehatan dinegara orang. Pola makan harus diatur apalagi bro/sis datang ke negara orang dengan tujuan kerja.

Itu masih beberapa aja suka dukanya. Masih banyak lagi yang belum saya tulis, Berhubung dan berhubung ini mata kayaknya udah dihantui sama rasa ngantuk Hahahahaha. 

Candakiya akhiri sampe disini dulu nulisnya. Insyaallah kalo ada waktu senggang lagi, Bakal dilanjutin ceritanya ^_^ cukup sekian dari saya dan terima kasih bro/sis yang udah berkunjung ke blog candakiya yang masih polos ini.

Note: Maaf kalo nulisnya masih acak”an mohon dimaklumi aja ya bro/sis dan mohon di bimbing juga saya yang masih baru ini ^_^ Hehehehe

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s